ANALISIS PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Kasus pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Taruna Sejahtera)

Sulistyowati, Eka (2015) ANALISIS PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI (Studi Kasus pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Taruna Sejahtera). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Eka Sulistyowati_21310040.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etika kerja Islam terhadap komitmen organisasi BMT Taruna Sejahtera dan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap komitmen organisasi BMT Taruna Sejahtera. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif, dan alat analisis yang digunakan yaitu SPSS versi 20. Sedangkan uji instrument yang digunakan adalah uji reabilitas, uji validitas, regresi (regresi berganda), dan uji statistik (uji T test, F test dan uji R 2 / koefisien determinasi) dan uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskendastisitas, uji normalitas dan uji linieritas). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa etika kerja Islam dan kepuasan kerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan secara individu terhadap komitmen organisasi BMT Taruna Sejahtera. Hal itu dapat dibuktikan dari perbandingan antara nilai t test yang lebih besar dari t table dan nilai sig. yang kurang dari 0,05 dari variable etika kerja Islam dan kepuasan kerja karyawan dengan komitmen organisasi. Dengan demikian, hipotesis pertama dan kedua yang diajukan terbukti kebenarannya. Etika kerja Islam dan kepuasan kerja karyawan secara bersama-sama juga berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi BMT Taruna Sejahtera, hal itu dapat dilihat dari nilai F test yang lebih besar dari F table. Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah kepuasan kerja karyawan, hal ini disebabkan karena variabel kepuasan kerja karyawan memiliki nilai beta terbesar dibandingkan variabel lain yaitu sebesar: 0,7321.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Feb 2016 02:49
Last Modified: 29 Feb 2016 02:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/598

Actions (login required)

View Item View Item