IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PMR (PALANG MERAH REMAJA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Maghfiroh, Umi (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PMR (PALANG MERAH REMAJA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.umi.pdf

Download (3MB)

Abstract

mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler PMR dalam membentuk karakter tanggungjawab, jujur, dan disiplin, (2) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam membentuk karakter tanggungjawab, jujur, dan disiplin melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter tanggungjawab, jujur, dan disiplin siswa memalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, implementasi kegiatan ekstrakurikuler PMR dalam membentuk karakter siswa berintikan dilatihan rutin, karena dilatihan rutin semua diajarkan, dimulai dari materi kepalang merahan, dan berlatih bertanggung jawab mengkoordinir teman-teman, pengaplikasian nyata dari latihan rutin yaitu kegiatan di lapangan seperti kegiatan donor darah, pam upacara, dan bersih UKS. Kedua, metode yang digunakan pembina dan pelatih dalam menerapkan karakter tanggung jawab siswa yaitu (1) metode tarbiyah (pendidikan), (2) metode teladan (contoh), (3) metode pembiasaan. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter tanggung jawab, jujur, dan disiplin siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR, faktor pendukunya meliputi: (1) faktor intern, kemauan dan minat siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuannya dan (2) faktor ekstern, guru atau pelatih yang mengajarkan materi kepalang merahan menarik dan menyenangkan, sarana dan prasarana yang memadai dalam menunjang pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan, pengaruh teman sebaya bila teman ikut ekstrakurikuler itu ia juga ikut-ikutan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: pengaruh teman sebaya karena siswa masih mudah dipengaruhi oleh teman sebaya yang ada diluar sekolah, terbentur dengan kegiatan yang lain karena siswa tidak hanya ikut organisasi disekolah namun ia juga ikut organisasi didesanya, pulang sekolah tidak ada teman yang memboncengkan karena berangkat bareng teman yang tidak ikut ekstrakurikuler yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2019 14:30
Last Modified: 19 Sep 2019 14:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item View Item