PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA QADA’ DAN QADAR MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS XII DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Hidayat, Fahri Arkham (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IMAN KEPADA QADA’ DAN QADAR MELALUI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS XII DI SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FAHRI ARKHAM HIDAYAT 23010150074 pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hidayat, Fahri Arkham. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Iman kepada Qada’ dan Qadar Melalui Strategi Question Student Have dan Jigsaw Pada Siswa Kelas XII SMK Diponegoro Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si Kata kunci: Hasil Belajar, Question Student Have, Jigsaw, PAI dan Budi Pekerti Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qada’ dan Qadar menggunakan strategi Question Student Have dan Jigsaw kelas XII di SMK Diponeoro Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penilitian ini berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 2 siswa laki-laki, dan 25 siswa perempuan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penerapan strategi Question Student Have dan Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qada’ dan Qadar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMK Diponeoro Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melewati 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Question Student Have dan Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qada’ dan Qadar di kelas XII AK 1 SMK Diponegoro Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari hasil analisis 27 siswa hasil pra siklus mencapai (55,5%) hanya 15 siswa yang tuntas, dan (44,5%) atau 12 siswa tidak tuntas sedangkan yang diharapkan nilai klasikal 85% dari seluruh siswa mencapai KKM (nilai 75). Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 70,3% hanya 19 siswa yang sudah tuntas, dan 29,7% atau 8 yang belum tuntas, pada siklus II nilai meningkat menjadi 92,6 % atau 26 siswa yang tuntas dan 7,4% atau 2 siswa yang belum tuntas. Serta peningktan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 13,8% dan meningkat di siklus I ke siklus II sebesar 22,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 13:24
Last Modified: 20 Sep 2019 13:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6030

Actions (login required)

View Item View Item