Peningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019

Yuliawati, Neni (2019) Peningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PTK NENI REVISI 3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Minat Belajar, Hasil Belajar, Penyajian Data Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan minat belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali tahun ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS); 2) Meningkatkan hasil belajar matematika materi statistika pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali tahun ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksnaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali yang berjumlah 18 siswa. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ?80% dari jumlah keseluruhan siswa memiliki minat belajar tinnggi dan ?85% siswa tuntas KKM maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 02 Karanggede Kab. Boyolali. Peningkatan terhadap minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II 33,33%, hal ini dapat dilihat dari perolehan siswa yang memiliki minat belajar tinggi atau sangat tinggi pada siklus I 50% dan siklus II 88,83%. Sedangkan peningkatan terhadap hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II 33,38%, hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 55,56% siswa tuntas belajar dan siklus II 94,44% siswa tuntas belajar. Penelitian dihentikan di siklus II dikarenakan minat dan hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 13:49
Last Modified: 20 Sep 2019 13:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item View Item