PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK DI SMA KARTIKA III-I BANYUBIRU KAB.SEMARANG

PUJIASTUTI, AINUN NISA (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK DI SMA KARTIKA III-I BANYUBIRU KAB.SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AINUN-converted.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pujiastuti, Ainun Nisa. 2019. Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budi Pekerti Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Di SMA Kartika III-I Banyubiru Kab. Semarang. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Mengembangkan, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Penelitian ini mempunyai tujuan untuk 1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang diterapakan di SMA Kartika III-I Banyubiru 2) Untuk mengetahui Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Kartika III-I Banyubiru 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter di SMA Kartika III-I Banyubiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang menjadi data primer Waka Humas, guru PAI dan Budi Pekerti, guru BK, dan siswa. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak sudah sangat baik, berikut yang menjadi hasil analisis peneliti: 1) Dari delapan belas nilai-nilai karakter nilai karakter yang diterapkan di sekolah tersebut yaitu nilai disiplin, nilai religius, nilai semangat kebangsaan atau nasionalisme, nilai jujur, nilai peduli lingkungan, dan nilai toleransi. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMA Kartika III-I Banyubiru dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu keteladanan, motivator, dinamisator dan evaluator. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan nilai-nilai karakter di SMA Kartika III-I Banyubiru terdapat dua hal, yaitu: Faktor Pendukung: Adanya kerjasdama antara guru PAI dan Budi Pekerti serta guru mata pelajaran yang lain dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter. Faktor Penghambat: Faktor lingkungan bergaul di luar sekolah, serta belum adanya laboratorium Ibadah dan ekstrakurikuler rohis dalam upaya untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 00:14
Last Modified: 23 Sep 2019 00:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6059

Actions (login required)

View Item View Item