Pengaruh Model Pembelajran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Sutianah, Siti (2019) Pengaruh Model Pembelajran Problem Posing Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Siti Suntianah T.MTK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalahquasi experimental design. Pengambilansampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VIII H (kelas eksperimen) dan kelas VIII G (kelas kontrol) SMP Negeri 2 Salatiga,masing-masing berjumlah 31 siswa dan 30 siswa. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Instrumenpenelitian yang digunakan yaitutes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata, uji perbedaan rata-rata dua kelompok yang berpasangan dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji independent samples t test, uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberi kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis dengannilai thitung > ttabel (3,303> 2,042) dan nilai signifikansinya 0,000, (0,000< 0,05) serta besar pengarunya sebesar 97,1 %. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,308>2,042) dan nilai signifikansinya 0,025, (0,0025< 0,05) serta besar pengaruhnya sebesar 95,5%. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar ditunjukkan dengan nilai signifikansi Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root sebesar 0,000, (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 08:42
Last Modified: 23 Sep 2019 08:42
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item