Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Cara mengklasifikasikan makhluk hidup Melalui Model Cooperative learning kombinasi tipe picture and picture dengan make a match pada siswa kelas VII SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020

AMS, Dewi Nurhayai (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA materi Cara mengklasifikasikan makhluk hidup Melalui Model Cooperative learning kombinasi tipe picture and picture dengan make a match pada siswa kelas VII SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
yes.jadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dewi Nurhayati Arum Mawar.2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Cara Mengklasifikasi Makhluk Hidup Melalui Model Cooperative Learning kombinasi Tipe Picture and Picture dengan Make a Match Pada Siswa Kelas VII SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pangetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Roko Patria Jati, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar; Cooperative Learning; Picture And Picture; Make A Match; Cara Mengklasifikasikan Makhluk Hidup; Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ipa materi cara mengklasifikasikan makhluk hidup melalui model Cooperative Learning kombinasi Tipe Picture and Picture dengan Make a Match pada siswa kelas VII SMP N Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus melalui tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan data hasi belajar pra siklus yang mencapai kriteria ketuntasan minimal hanya 58% (sejumlah 20 siswa yang tuntas). Hasil Siklus I setelah menggunakan metode baru siswa yang tuntas kriteria ketuntasan minimal sebanyak 70% (sejumlah 24 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 63,97. Pada siklus II yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 88% (sejumlah 30 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 81,32. Karena prsentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal pada siklus II telah mencapai 85%, hal tersebut menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas Ini dapat diterima atau berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 09:14
Last Modified: 23 Sep 2019 09:14
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item View Item