NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2019

Ulfa, Maulina Vitria (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI KELAS IX DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Maulina.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Vitria ulfa, Maulina. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler TAPAK SUCI kelas IX di SMP Muhammadiyah Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Pembimbing Drs. Abdul Syukur , M. Si Kata Kunci: Nilai-Nilai karakter; Tapak Suci. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci yang ada di SMP Muhammadiyah. Apa saja Nilai-Nilai Pendidikan Karakter yang ada di dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci kelas IX di SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun 2019, dalam Penelitian ini peneliti menggunakan Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Dalam memperoleh Data Peneliti menggunakan metode Wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Analisis Data dalam Penelitian ini meliputi Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan kesimpulan. Pengecekan Keabsahan Data menggunakan ketekunan peneliti dan Triangulasi Data. Rumusan Masalah yang dikaji adalah Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci di Smp Muhammadiyah Salatiga, Cara Penanaman Nilai Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Tapak Suci, dan Faktor apa yang menjadi Penghambat dalam terlaksananya Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci. Peneliti bertindak langsung mengumpulkan data dari Observasi yang mendalam dari penelitian. Data yang berbentuk kata-kata merupakan hasil dari para Informan atau Responden pada waktu mereka diwawancarai, sedangka n data tambahan berupa catatan lapangan, keseluruhan data tersebut selain diperoleh melalui wawancara juga di dapatkan dari Observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti menyimpulan bahwa (1) Nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terdapat di dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dapat memberikan kontribusi siSwa menjadi pribadi yang lebih terarah. Dalam Ekstrakurikuler Tapak Suci terdapat Nilai-Nilai Pendidikan Karakter antara lain: Disiplin, Jujur, Tanggung Jawab, Religius, Menghargai Lawan dan mempunyai Mental Juara. (2) Dalam memberikan kontribusi pihak sekolah Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter dengan menyediakan layanan dan sharing-sharing untuk memecahkan masalah siswa yang dihadapi. Dari pihak guru memberikan layanan penuh dan mendukung Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci.(3) Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler tentu saja terdapat Faktor-Faktor yang menjadi penghambat Nilai Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tapak Suci yang diantaranya yaitu faktor cuaca yang apabila dalam keadaan hujan membuat siswa menjadi malas untuk mengikuti dan kurangnya dana guna pemeliharaan sarana dan prasarana. Selain itu kurangnya perhatian atau dorongan dari orang tua sehingga partisipasi siswa juga menjadi berkurang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 11:58
Last Modified: 23 Sep 2019 11:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6094

Actions (login required)

View Item View Item