PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MELALUI STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ULUM DESA JEMBRAK KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Zuliyaningsih, Ulfa (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MELALUI STRATEGI STUDENT CENTERED LEARNING PADA SISWA KELAS V MI TARBIYATUL ULUM DESA JEMBRAK KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi 1-lamp - Copy - Copy.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Zuliyaningsih, Ulfa. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar Melalui Strategi Student Centered Learning Pada Siswa Kelas V MI Tarbiyatul Ulum Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Wahyudhiana, M.M.P,d. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar dan Strategi Student Centered Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar melalui strategi student centered learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Menulis Karangan Deskripsi pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Jembrak yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan, yaitu pada bulan Juli dan Agustus 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Data yang diperoleh pada tahap pra siklus dari 18 siswa dengan KKM yang ditentukan oleh sekolah sebesar 70 diketahui hanya 5 siswa atau 27,78% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau 55,56% dari siswa yang tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu sebanyak 16 siswa atau persentase ketuntasan siswa berjumlah 88,89%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketuntasan siswa pada siklus II telah mencapai Kriteria Ketuntasan Klasikal yang telah ditentukan yaitu sebesar 85%. Serta adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap tahapnya, dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 27,78% dan dari tahap siklus I ke siklus II 33,33%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:20
Last Modified: 23 Sep 2019 06:20
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item