PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Afida, Eka Yirui Rina (2019) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PLUS KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsiku benarrr.pdf

Download (6MB)

Abstract

Afida, Eka Yirvi Rina.2019. Pengaruh Bimbingan Belajar dan Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahdan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Bimbingan Belajar, Kreativitas Guru, Hasil Belajar Matematika Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bimbingan belajar yang di lakukan oleh guru, bagaimana kreativitas guru ketika dalam proses pembelajaran dan bagaimana hasil belajar matematika siswa yang melalui bimbingan belajar dan kreativitas guru di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kausalitas dan menggunakan metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil angket atau kuesioner kepada siswa kelas IV, sumber sekunder yang berupa profil sekolah. Pengumpulan data ini menggunakan angket kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, bimbingan belajar dan kreativitas guru merupkan faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa mata pelajaran matematika yang mempunyai pengaruh signifikan antara bimbingan belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian dipeoleh bahwa 1. Ada pengaruh antara bimbingan belajar dengan hasi belajar matematika siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahunpelajaran 2018/2019. Tampak bahwa X1 ( Bimbingan Belajar) dengan nilai sebesar (1,815) merupakan korelasi positif dan segnifikan pada taraf 5% (1,815>0,168) dan nilai signifikannya 0,073>0,05. Yang 2. Ada pengaruh antara kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Tampak bahwa X2 ( kreativitas guru) dengan nilai sebesar (2,570) merupakan korelasi positif yang signifikan pada taraf 5% (2,570>0,168) dan nilai signifikanya p 0,012 > 0,05. Dengan bentuk persamaan yang didapatkan dari hasil analisis data penelitian yakni garis regresi adalah Y = 69,098 + 0,045 X1 + 0,240 X2, dan dari hasil penelitian diketahui R square sebesar 0,066. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh bimbingan belajar dan kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga adalah 6,6 % yang lain dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:58
Last Modified: 23 Sep 2019 06:58
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

View Item View Item