Pengaruh Metode Praktikum Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP N 3 Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019

Nurjanah, Arina Ayu (2019) Pengaruh Metode Praktikum Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Pada Materi Pemanasan Global Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP N 3 Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
yes.jadi.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nurjanah, Arina Ayu. 2019. Pengaruh Metode Praktikum dengan Pemanfaatan Barang Bekas pada Materi Pemanasan Global terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester 2 SMP N 3 Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Anggun Zuhaida,M.Pd. Kata Kunci : Metode Praktikum; Barang Bekas; Hasil Belajar; Sikap Ilmiah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah kerja pembuatan sarana praktikum dengan pemanfaatan barang bekas dan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan pemanfaatan barang bekas terhadap hasil belajar dan sikap ilmiah siswa Kelas VII SMP N 3 Getasan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental jenis Quasi Eksperimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini berupa soal, angket dan lembar observasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif yang digunakan untuk menilai karakteristik data (mean, sum, varians, range, minimum value dan maksimum value) dan analisis uji hipotesis korelasi, regresi dan koefisien determinasi yang dibantu dengan aplikasi SPSS versi 22.0 Hasil dari penelitian ini dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan sarana praktikum dengan pemanfaatan barang bekas yaitu : 1. Menyiapkan barang bekas yang digunakan untuk sarana praktikum 2. Membersihkan barang bekas tersebut 3. Handuk bekas direndam dalam air hangat kira-kiraselama 3 menit 4. Kemudian menyapkan toples yang telah dibersihkan dan handuk dimasukkan ke dalam toples tersebut. 5. Tutup toples dengan plastik kemudian ikat dengan karet gelang agar tidak mudah lepas. 6. Sarana praktikum siap untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu dari Uji Hipotesis diperoleh bahwa terdapat hubungan yang sedang (0,587) antara metode praktikum dengan pemanfaatan barang bekas dengan sikap ilmiah siswa. Dan terdapat pengaruh antara metode praktikum dengan pemanfaatan barang bekas dengan sikap ilmiah siswa yang ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dengan persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah Nilai Siswa = Y 36.031 + 0.468X dan nilai koefisien determinasi sebesar 34,5% .Terdapat hubungan yang kuat (0,688) antara Metode Praktikum dengan pemanfaatan barang bekas dengan Hasil Belajar siswa. Dan ada pengaruh metode praktikum dengan pemanfaatan barang bekas terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 , dengan persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah Nilai Siswa = Y= -23.746 + 1.201X dan nilai koefisien determinasi sebesar 39,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:43
Last Modified: 23 Sep 2019 07:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6127

Actions (login required)

View Item View Item