PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KHULAFAUR ROSYIDDIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII B SMP N 3 PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

ARIFAH, (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KHULAFAUR ROSYIDDIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII B SMP N 3 PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
pdf ku.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arifah. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Khulafaur Rosyiddin Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Siswa Kelas VII B SMP N 3 Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Talking Stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi khulafaur rosyiddin pada siswa kelas VII B di SMP N 3 Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan observasi, tes atau latihan soal, serta dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B di SMPN 3 Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa, 15 adalah siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitiann ini dapat disimpulkan bahwa metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi khulafaur rosyiddin pada siswa kelas VII B SMP N 3 Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian yang dilaksanakan selama dua siklus ini mengalami peningkatkan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 12 siswa dari 30 siswa atau presentasenya adalah 40%. Data ketuntasan yang di miliki siklus II yaitu sebanyak 27 siswa yang tuntas dan dalam presentasenya 90% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau sebanyak 50%, sehingga hasil siklus II yaitu 90% yang artinya melebihi KKM klasikal yang telah di tentukan yaitu 85%. Jadi, dapat di Tarik kesimpulan bahwa presentase ketuntasan siklus II yaitu 90% melebihi KKM yang di terapkan di SMP N 3 Pakis yaitu 76, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP N Pakis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 15:09
Last Modified: 23 Sep 2019 15:09
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6133

Actions (login required)

View Item View Item