PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDED TEACHING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF DUKUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Setyawati, Yunita (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDED TEACHING DENGAN MEDIA GRAFIS PADA SISWA KELAS V SEMESTER II MI MA’ARIF DUKUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUNITA SETYAWATI SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa sehingga dapat memenuhi target pencapaian KKM materi selanjutnya yaitu materi penyajian data pada siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh menggunakan strategi Guided Teaching dengan media grafis. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada beberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Dukuh yang berjumlah 18 siswa meliputi 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Instumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Penelitian ini dikatakan berhasil dan dapat dihentikan apabila keseluruhan nilai siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Guided Teaching dan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM matematika yaitu 65 pada materi penyajian data kelas V MI Ma’arif Dukuh. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kelas dari Siklus I ke Siklus II yaitu terjadi peningkatan sebanyak 13,1 dengan rata-rata dari 68,7 menjadi 81,8. Terpenuhinya target pencapaian kriteria ketuntasan klasikal mencapai 85% juga terbukti dari kenaikan presentase ketuntasan nilai siswa pada tiap siklus. Pada Siklus I dinyatakan tuntas 12 siswa dengan presentase sebanyak 66,7% dan pada Siklus II dinyatakan tuntas 16 siswa dengan presentase sebanyak 88,9%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena keseluruhan nilai siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal 85%. Guru memberikan remidiasi kepada 2 siswa yang belum mencapai KKM pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2019 15:47
Last Modified: 23 Sep 2019 08:50
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6137

Actions (login required)

View Item View Item