Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen, Marketing Mix, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indomaret Kota Salatiga

MEIRITA, NADYA WIWIN (2019) Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen, Marketing Mix, dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indomaret Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NADYA VIVIN MEIRITA 63020150047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi suatu negara salah satunya dapat ditandai dengan kemajuan perdagangan berbasis ritel. Bisnis ritel memiliki peluang besar dengan menawarkan berbagai jenis barang dan jasa dari ratusan merek di pasaran. Persaingan akan setiap produk yang ditawarkan berdampak pada konsumen yang berpeluang untuk memutuskan membeli produk sesuai dengan keinginannya. Untuk menunjang minat calon konsumen, maka para pelaku ritel harus lebih memahami perilaku konsumen, marketing mix,dan kehalalan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk, pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian produk, dan pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sejumlah 60 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probalily sampling,dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik accidental sampling dan menyebar kuesioner/angket. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan uji ttest menunjukkan terdapat pengaruh positif perilaku konsumen (X1) terhadap keputusan pembelian produk (Y), pengaruh positif marketing mix (X2) terhadap keputusan pembelian produk (Y), dan pengaruh positif label halal (X1) terhadap keputusan pembelian produk (Y) di Indomaret Kota Salatiga. Sedangkan berdasarkan hasil analisis output determinan R2, diperoleh, R2 = 0,732 artinya sebanyak 73,2 % hasil keputusan pembelian produk dipengaruhi oleh label halal, marketing mix, dan perilaku konsumen. Sedangkan 26,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 10:37
Last Modified: 24 Sep 2019 10:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6151

Actions (login required)

View Item View Item