MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK DENGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 01 DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Aulawiyah, Indana Nur (2019) MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK DENGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 01 DUKUH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BAB FULL INDANA pdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Aulawiyah, Indana Nur. 2019. Mengembangkan Kosakata Anak dengan Media Pop-up Book pada Kelompok A di RA Perwanida 01 Dukuh Sidomukti Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing: Dr. Setia Rini, M.Pd. Kata Kunci: Perkembangan Kosakata, Media Pop-up Book Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan kosakata anak khususnya kelompok A di RA Perwanida 01 dengan media pop-up book . Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah penggunaan media pop-up book pada kelompok A mampu mengembangkan kosakata anak di RA Perwanida 1 Dukuh, Sidomukti, Salatiga tahun pelajaran 2019/2020? Jenis Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak usia 4-5 tahun pada kelompok A yang berjumlah 16 anak di RA Perwanida 01. Dalam penelitian ini tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan penugasan yang berupa lembar kerja anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan kosakata anak dengan media pop-up book pada kelompok A di RA Perwanda 01 Dukuh, Sidomukti, Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal persentase hasi belajar pada pra siklus sebesar 29%, pada siklus I diperoleh persentase sebesar 59% dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 94%. Perkembangan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 35%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan media pop-up book yang digunakan dalam proses pembelajaran telah memberikan hasil yang sesuai dengan harapan dan telah memenuhi indikator keberhasilan kelas yaitu 85%. Pembelajaran menggunakan media pop-up book yang disampaikan secara sistematis dan menarik sesuai dengan materi, sehingga siswa kelompok A mampu mengembangkan beberapa kosakata menjadi kalimat sederhana yang akan menambah perkembangan bahasa siswa menjadi lebih optimal serta menjadi bekal siswa agar mampu berbahasa dengan cara berinteraksi dengan orang lain sebagai pengguna bahasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 03:41
Last Modified: 24 Sep 2019 03:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6152

Actions (login required)

View Item View Item