PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI UNGARAN TAHUN AJARAN 2019/2020

RIZKI, MEGA (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK PENYANDANG TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI UNGARAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MEGA RIZKI (23010150357).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rizki, Mega. 2019. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Penyandang Tunarungu Di SMPLB Negeri Ungaran Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd Kata kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Siswa Tunarungu Siswa tunarungu merupakan anak yang mengalami hambatan pendengaran serta memerlukan penanganan khusus dalam proses pembelajaran. Kunci keberhasilan proses pembelajaran tersebut ditentukan oleh beberapa komponen,diantaranya guru, media, metode yang digunakan, dan fasilitas pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Ungaran, Problematika serta solusi pembelajran PAI di SMPLB Negeri Ungaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pola deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI di SMPLB-B Negeri Ungaran, mengumpulkan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dimulai dengan menganalisis data sebelum terjun ke lapangan, setelah itu menganalisis data selama berada di lapangan dengan tahapan: (1) mereduksi data dengan mencatat atau merekam data yang didapat selama dilapangan, (2) menyajikan data dengan mentranskip menjadi data yang lengkap(3) menyimpulkan data dengan mengolah data yang didapat dan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum yang digunakan pada pembelajaran PAI di SMPLB Negeri Ungaran yaitu Kurikulum 2013 dengan memodifikasi isi, bahan pelajaran, dan tujuan yang menyesuaikan kemampuan siswa tunarungu. Metode yang digunakan yaitu ceramah, demontrasi dan visual yang disajikan dalam model pembelajaran card match. Bahasa yang digunakan yaitu, bahasa isyarat,. Evaluasi yang dilakukan pada pembelajaran menggunakan penilaian. Penilaian tersebut dengan tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2019 13:38
Last Modified: 24 Sep 2019 13:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6159

Actions (login required)

View Item View Item