Motivasi dan Kendala Masyarakat dalam Membayar Zakat di Baznas Kabupaten Semarang

Dakhori, Dakhori (2019) Motivasi dan Kendala Masyarakat dalam Membayar Zakat di Baznas Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FINAL ( DAKHORI ).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan kendala-kendala yang di alami masyarakat Kabupaten Semarang dalam membayar zakat Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah para wajib zakat (muzaki) sebanyak 50 orang yang membayarkan zakatnya di BAZNAS kabupaten Semarang, serta dokumen mengenai BAZNAS kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan analisis Miles dan Hubberman yaitu dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang motivasi dan kendala masyarakat dalam membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Semarang sebagai berikut: (1) Beberapa faktor yang dapat memotivasi seseorang untuk memutuskan membayar zakat antara lain: Religiusitas, Sosialisasi dari BAZNAS, Peran ulama, Pengetahuan tentang BAZNAS, Peran pemerintah, adanya hasrat dan keinginan, adanya dorongan dan kebutuhan, dan adanya harapan dan cita-cita di masa depan, (2) Beberapa faktor yang dapat menjadi kendala seseorang untuk memutuskan membayar zakat antara lain: Religiusitas berupa keyakinan bahwa membayar zakat itu lebih afdhal diberikan langsung kepada mustahiq, Sosialisasi dari BAZNAS yang belum diketahui oleh masyarakat, Tingkat kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS, Profesionalitas BAZNAS dalam mengelola dana zakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 09:09
Last Modified: 04 Oct 2019 07:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6187

Actions (login required)

View Item View Item