Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits materi Tasamuh (Toleransi) menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around pada Siswa Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020

Najib, Muchammad (2019) Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits materi Tasamuh (Toleransi) menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around pada Siswa Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NAJIB TENAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Najib, Muchammad. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits materi Tasamuh (Toleransi) menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around pada Siswa Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag Kata kunci: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits, Kooperatif Tipe Write Around Tujuan dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Tasamuh (Toleransi) dengan menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around pada siswa kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dengan menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena model penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, yang bertujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat. Objek penelitian ini adalah Siswa Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi Hasil penelitian bahwa ketuntasan individu siswa dinilai dan diukur menggunakan KKM yang telah ditentukan oleh MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan yaitu 75. Jadi, hasil penelitian dalam pelaksanaan pembelajaran Al- Qur’an Hadits dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Write Around dengan hasil pra siklus hasil belajar tuntas 5 siswa (17,85%), siklus I meningkat menjadi 11 (39,00%) siswa yang tuntas. Dan pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 28 (100%) siswa yang tuntas. Kesimpulannya adalah model Kooperatif Tipe Write Around dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi Tasamuh pada siswa Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kec. Pabelan Kab. Semarang tahun pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 09:23
Last Modified: 25 Sep 2019 09:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6189

Actions (login required)

View Item View Item