STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MUSLIM DI SMP N 2 TEMANGGUNG

Fajriyah, Nurul (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MUSLIM DI SMP N 2 TEMANGGUNG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NURUL FAJRIYAH.PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fajriyah, Nurul. 2019. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Muslim di SMP N 2 Temanggung, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Skripsi : Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Banyak perilaku yang terjadi pada siswa yang bertentangan dengan nilai moral, agama, sosial dan norma hidup. Kenakalan remaja terjadi akibat tidak maksimalnya bimbingan religiusitas di sekolah. Religiusitas siswa tidak terlepas dari peran guru agama Islam. Membina religiusitas siswa, diperlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi siswa yang dibimbingnya. Pembinaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas ini sangatlah penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP N 2 Temanggung, (2) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP N 2 Temanggung, (3) mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kendala yang dihadapinya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan penelaahan dokumen. Data yang disajikan dalam bentuk verbal bukan dalam bentuk angka. Informan yang diwawancari adalah siswa muslim, guru PAI, dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa muslim di SMP N 2 Temanggung sebagai berikut: (1) strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa melalui discovery learning, problem based learning, inquiry, dan projeck based learning, pengembangan pembelajaran PAI melalui kegiatan keagamaan Islam bimbingan rohani, pembiasaan sholat dhuha, kelas tahfid juz 30, kajian kitab kuning, pesantren kilat, kunjungan ke panti asuhan, pondok pesantren dan makam walisongo. (2) kendala yang dihadapi oleh guru berupa faktor intern, diantaranya terbatasnya waktu pembelajaran di kelas, siswa yang kurang disiplin untuk melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, dan pembiasaan sholat jum’at di sekolah. Faktor ekstern, seperti latar belakang keluarga yang tidak agamis, tidak ditunjangnya pendidikan agama di luar sekolah, serta pengaruh negatif teknologi. (3) solusi yang dilakukan dalam menangani kendala tersebut adalah pelaksanaan program mentoring, evaluasi, memaksimalkan bimbingan rohani, bimbingan BTQ, dan membangun kerja sama kolaborasi dengan siswa lain, wali kelas dan orang tua. Kata Kunci ; Strategi, Religiusitas, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 13:03
Last Modified: 25 Sep 2019 13:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6204

Actions (login required)

View Item View Item