PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VII MTS TARQIYATUL HIMMAH KAUMAN LOR KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 20

Hakim, Arif Rahman (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO PADA SISWA KELAS VII MTS TARQIYATUL HIMMAH KAUMAN LOR KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 20. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ARIF 12.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hakim, Arif Rahman. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Dengan Menggunakan Metode The Power Of Two Pada Siswa Kelas VII Mts Tarqiyatul Himmah Kauman Lor Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020, Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing Hj. Siti Rukhayati, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, The Power Of Two. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode The Power of Two dapat Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna pada Siswa Kelas VII di MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar Aqidah Akhlak pada materi Asmaul Husna melalui metode The Power Of Two. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru dan siswa. Hasil tes dianalisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Asmaul Husna pada siswa kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Kauman Lor. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang meningkat yaitu nilai pra siklus siswa yang mencapai KKM sebanyak 12 siswa (37%), sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 20 siswa (63%) dengan rata-rata 63,50. Selanjutnya pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa (75%) sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa (25%) dengan rata-rata kelas 72,15. Siklus II yang mencapai KKM sebanyak 32 anak atau (100%) dan rata-rata kelasnya 77.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 18:02
Last Modified: 25 Sep 2019 18:02
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6241

Actions (login required)

View Item View Item