PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIA MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Safrudi, Burhanudin Ary (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK TERCELA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIIIA MTs N SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BURHAN 12-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Safrudi, Burhanudin Ary . 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Tercela dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIIA MTs N Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M. Ag. Kata Kunci: Aqidah Akhlak, Akhlak Tercela, Model Problem Based Learning Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi akhlak tercela pada siswa kelas VIIIA MTs N Semarang?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs N Semarang sebanyak 29 siswa. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Akidak Akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas VIIIA MTs N Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum meneraokan model PBL hanya 14 siswa (48,27%) yang memenuhi KKM dan 15 siswa (51,73%) belum memenuhi KKM. Selanjutnya pada siklus I terdapat 20 siswa (68,96%) yang memenuhi KKM dan 9 siswa (31,04) belum memenuhi KKM. Kemudian pada siklus II hanya terdapat 4 siswa (13,8%) yang belum memenuhi KKM dan 25 siswa (86,20%) sudah memenuhi KKM. Oleh karena itu, Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela pada siswa kelas VIIIA MTs N Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2019 18:05
Last Modified: 25 Sep 2019 18:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6243

Actions (login required)

View Item View Item