PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENELADANI PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI MADINAH MELALUI METODE PENUGASAN PEMBUATAN DAN PRESENTASI MEDIA TIMELINE SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 01 BANYUBIRU KAB. SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

CAHYANI, LAELA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENELADANI PERJUANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW DI MADINAH MELALUI METODE PENUGASAN PEMBUATAN DAN PRESENTASI MEDIA TIMELINE SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 01 BANYUBIRU KAB. SEMARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI JADI-min(1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Laela. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah Melalui Metode Penugasan Pembuatan dan Presentasi Media Timeline Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Banyubiru Kab. Semarang Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Drs. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Dakwah Nabi di Madinah, Metode Penugasan, Media Timeline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode penugasan pembuatan dan presentasi media timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah pada siswa kelas VII di SMP Negeri 01 Banyubiru Kab. Semarang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan metode penugasan pembuatan dan presentasi media timeline, dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang digunakan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi meneladani perjuangan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah pada siswa kelas VII SMP Negeri 01 Banyubiru Kab. Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Berikut hasil penelitian tersebut menjelaskan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 73,33% dari 30 siswa dengan rata-rata kelas 70,53. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas bertambah menjadi 26 siswa atau 87% dari 30 siswa dengan rata-rata kelas 80,33. Penelitian ini dikatakan berhasil dan dapat dihentikan pada siklus II, karena pencapaian hasil belajar sudah mencapai 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:32
Last Modified: 26 Sep 2019 06:32
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6246

Actions (login required)

View Item View Item