Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah Dengan Menerapkan Metode Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas VIII C Semester II SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019

Wahyuni, Rinda (2019) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Abbasiyah Dengan Menerapkan Metode Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas VIII C Semester II SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PTK RINDA WAHYUNI-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wahyuni, Rinda. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Pertumbuhan Pada Masa Abbasiyah Dengan Menerapkan Metode Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas VIII C Semester II SMP N 4 Ambarawa Tahun Pelajaran 2018/2019.Skripsi.Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing:Drs.Abdul Syukur ,M.Si Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi Pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyah melalui metode numbered head together (NHT) pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 04 Ambarawa tahun pelajaran 2018/2019. Peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 04 Ambarawa banyak yang masih dibawah standar ketuntasan belajar minimum (KBM) yang ditetapkan yaitu 75, dari hasil belajar 30 siswa terdapat 14 siswa yang tuntas diatas nilai 75 dan 16 siswa dibawah nilai 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Tes Tertulis digunakan untuk mengetahui peningkatan hasilbelajar speserta didik dalam penerapan metode numbered head together (NHT) pada mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Abbasiyyah. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi digunakan sebagai bukti bahwa penelitian benar-benar dilakukan, dokumentasi berupa foto kegiatan penelitian serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dengan menerapkan metode numbered head together (NHT) menunjukkan bahwa minat belajar dan keaktifan peserta didik meningkat yang pada akhirnya mendorong hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam pembelajaran, dengan hasil sebagai berikut: Hasil belajar pada siklus I sebanyak 23 dari 30 siswa telah tuntas KKM dengan rata-rata 78,50 dan persentase 77%, dan meningkat pada siklus II sebanyak 26 dari 30 siswa tuntas KKM dengan rata-rata 84,83 dan persentase 87%. Hal ini membuktikan bahwa metode numbered hed together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 4 Ambarawa Kab. Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:51
Last Modified: 26 Sep 2019 08:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item