UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS IX-IPS 3 (STUDI KASUS DI MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020)

Sari, Dian Lutfi (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS IX-IPS 3 (STUDI KASUS DI MAN PARAKAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
fix skripsi dian pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Dian Lutfi. 2019. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Surat-Surat Pendek Pada Siswa Kelas IX-IPS 3 ( Studi Kasus di MAN Parakan Temanggung Tahun Pelajaran 2019/2020) ”.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Wahyudhiana, MM.Pd Kata Kunci: Upaya Guru, Problematika Dan Solusi Guru Pendidikan Agama Islam Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua hal, yaitu : (1) Mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan menghafal surat-surat pendek pada siswa kelas IX-IPS 3 studi kasus di MAN Parakan Temanggung tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mengetahui apa saja problematika dan solusi guru dalam mengatasi kesulitan menghafal surat-surat pendek studi kasus di MAN Paerakan Temanggung tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. (1) upaya guru Pendidikan Agama Islam di MAN Parakan Temanggung dengan menyediakan waktu bagi peserta didik untuk menghafal surat-surat pendek secara bersamaan, memahami karakter peserta didik, memilih metode muraja’ah untuk belajar menghafal surat-surat pendek dalam juz amma, menciptakan tempat belajar yang religius, pemilahan atau matrikulasi, dan memberikan kiat-kiat dalam menghafalkan surat-surat pendek. Guru mengutamakan menggunakan metode muraja’ah untuk mengatasi kesulitan menghafal surat-surat pendek, dengan cara guru membaca terlebih dahulu kemudian siswa mengikutinya. (2) Problematika yang ada adalah di mana peserta didik tidak dapat menghafal surat-surat pendek pada usia yang sudah cukup dewasa karena kemampuan yang berbeda-beda, masalah ini terdapat ketika mereka masih dalam lingkup keluarga yang kurang memperhatikan dalam mengajarkan mereka untuk belajar menghafal surat-surat pendek. Kemampuan yang berbeda-beda yang mengakibatkan setoran hafalan menjadi tidak urut sesuai absensi. Solusi yang ada di MAN Parakan Temanggung juga sangat bagus yaitu menciptakan metode Murajaah yang di padukan untuk peserta didik, metode ini diberikan kepada siswa untuk membiasakan mereka mendengar dan melafalkan bacaan Al Qur’an setelah guru. Walaupun belum ada buku untuk mengukur bagaimana keberhasilan dalam metode ini tetapi dari hasil pencapaian yang di dapat peserta didik mampu untuk menghafalkan surat-surat pendek dalam Al Qur’an, peningkatan menghafal Al Qur’an untuk peserta didik sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 09:31
Last Modified: 26 Sep 2019 09:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6256

Actions (login required)

View Item View Item