PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMAT-IKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SPP DHARMA LESTARI PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurhadi, (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMAT-IKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP SPP DHARMA LESTARI PULUTAN KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Matematika Nurhadi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhadi,2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP SPP Dharma Lestari Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar Matematika, Pola Bilangan Penelitian ini berujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pola bilangan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas VIII SMP SPP Dharma Lestari Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP SPP Dharma Lestari yang terdiri dari 34 Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, tes. Analisis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus, siklus I, dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM pembelajaran Matematika adalah 70. Hasil pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 1 siswa (3%) dan yang belum tuntas sebanyak 33 siswa (97%) dengan nilai rata-rata 48. Hasil belajar siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 12 siswa (35%) dan yang belum tuntas sebanyak 22 siswa (65%) dengan nilai rata-rata 57. Hasil belajar siswa pada siklus II yang tuntas sebanyak 32 siswa (94%) dan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa (6%) dengan rata-rata 81. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII SMP SPP Dharma Lestari Pulutan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Hasil pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 32%, sedangkan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 59%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 10:34
Last Modified: 26 Sep 2019 10:34
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item