PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERJUANGAN DAKWAH RASULULLAH DI MADINAH DENGAN METODE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

IZZAT, LABIBUL (2019) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI MENELADANI PERJUANGAN DAKWAH RASULULLAH DI MADINAH DENGAN METODE LEARNING TOGETHER PADA SISWA KELAS X MIPA 3 SMA N 1 GUBUG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Izzat.pdf

Download (4MB)

Abstract

Izzat, Labibul. 2019. Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW Di Madinah Dengan Metode Learning Together Pada Siswa Kelas X MIPA 3 SMA N 1 Gubug Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Progam Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Metode Leraning Together dan Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PAI materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah di Madinah melalui metode learning together pada siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Gubug tahun pelajaran 2018/2019. Salah satu penyebab rendahnya nilai pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya guru dalam menguasai metode-metode dalam pembelajaran. Masalah pokok yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan metode learning together dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PAI materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Di Madinah pada siswa kelas X MIPA 3 SMA N 1 Gubug tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 di SMA N 1 Gubug tahun pelajaran 2018/2019, dan dilaksanakan pada tanggal 16-26 April 2019. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Indicator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu 75 atau ketuntasan secara klasikal siswa di kelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunakan metode learning together dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pelajaran PAI Pada siswa kelas X MPIA 3 SMA N 1 Gubug tahun pelajaran 2018/2019. Hasil ini terlihat dari 34 siswa sebelum diterapkannya metode learning together yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 14 siswa atau 41,18% dengan rat-rata 70,58. Kemudian setelah diterapkannya metode learning together pada pembelajaran siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 20 siswa atau 58,82% dengan rata-rata 76.05. Ini mengalami peningkatan sebesar 17,64%. Pada siklus II siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 33 siswa atau 97,05% dengan rat-rata 93,05. Jika dibandingkan dengan prestasi belajar pada siklus I mengalai peningkatan sebesar 34,87%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 11:19
Last Modified: 15 Mar 2022 14:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6267

Actions (login required)

View Item View Item