PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MENGGUNAKAN METODE TEAM TEACHING DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS VIII A SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ariyanti, Wahyu Fitria (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK MENGGUNAKAN METODE TEAM TEACHING DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE KELAS VIII A SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Wahyu Fitria Ariyanti (23060150021) - Tadris IPA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ariyanti, Wahyu Fitria. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Cahaya dan Alat Optik Menggunakan Metode Team Teaching dengan Media Crossword Puzzle Kelas VIII A SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Roko Patria Jati, M.Pd Kata Kunci: Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Team Teaching Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode Team Teaching dengan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi cahaya dan alat optik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Tuntang, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus yakni siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan masing-masing siklus yaitu 70. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni soal, dan sumber sekunder yakni meliputi foto-foto kegiatan dan catatan lapangan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I menghasilkan 8 siswa dengan persentase 26,7% untuk siswa yang telah tuntas KKM dan ada 22 siswa yang belum tuntas dengan persentase 73,3%. Sedangkan untuk siklus II menghasilkan 26 siswa yang telah tuntas KKM dengan persentase 86,7% sedangkan untuk siswa yang belum tuntas ada 4 siswa dengan persentase 13,3%. Hal tersebut ditandai dengan adanya peningkatan hasil Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus I yang hanya sebesar 26,7% menjadi 86,7% pada siklus II. Metode Team Teaching yang digunakan dengan perpaduan media Crossword Puzzle membuat siswa tertarik dengan pembelajaran cara baru. SMP Negeri 2 Tuntang yang menjadi objek penelitian ini dititik beratkan pada peningkatan aspek kognitif yang berhubungan dengan hasil belajar. Metode Team Teaching yang digunakan merupakan metode yang memiliki dua orang pengajar dalam satu kelasnya, sedangkan media Crossword Puzzle yang digunakan merupakan media papan teka-teki sebagai penunjang siswa dalam belajar sebagai bentuk upaya peningkatan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Tuntang, Kabupaten Semarang. Sedangkan faktor penghambat dalam penelitian ini terdapat pada sifat bawaan siswa yang malas dan suka berbicara sendiri sewaktu pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 04:21
Last Modified: 26 Sep 2019 04:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6268

Actions (login required)

View Item View Item