UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII A MTS MAARIF KEJAJAR WONOSOBO SKRIPSI

Munawaroh, Laelatul (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII A MTS MAARIF KEJAJAR WONOSOBO SKRIPSI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIKS POLLL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laelatul, Munawaroh. 2019. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Materi Perbandingan dengan Model Talking Stick pada Siswa Kelas VII A MTs Ma?arif Kejajar Wonosobo. Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Model Talking Stick. Penelitian ini membahas tentang peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika materi perbandingan dengan menggunakan model talking stick pada siswa kelas VII A MTs Ma?arif Kejajar Wonosobo tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan pengamatan awal (Prasiklus) terhadap proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa kelas VII A cenderung pasif dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Selain itu, siswa merasa bosan dan tidak antusias dalam belajar serta tidak bisa fokus terhadap materi yang disampaikan. Maka peneliti bersama guru ingin menerapkan model talking stick dalam kegiatan belajar mengajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model talking stick dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi perbandingan kelas VII A MTs Ma?arif Kejajar Wonosobo. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan guru. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat diperbaiki pada siklus berikutnya. PTK dilaksanakan di MTs Ma?arif Kejajar Wonosobo dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model talking stick pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A MTs Ma?arif Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar pra siklus, siklus I, dan siklus II yang telah memenuhi indikator ketuntasan secara klasikal dalam penelitian. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM hanya 3 siswa atau 11,53 dan yang tidak tuntas sebanyak 23 siswa atau 88,47 . Pada siklus I persentase keaktifan yang disebabkan karena adanya motivasi yang diberikan guru kepada siswa sebesar 50 dan untuk hasil tes yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 16 siswa atau 61,53 sedangkan untuk siswa belum mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 38,47 . Pada siklus II persentase keaktifan yang disebabkan karena adanya motivasi yang diberikan guru kepada siswa sebesar 85.89 dan untuk hasil tes yang mencapai KKM pada siklus II sebanyak 23 siswa atau 88,47 sedangkan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau 11,53 . Karena indikator keberhasilan telah tercapai, maka penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 11:25
Last Modified: 26 Sep 2019 11:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6269

Actions (login required)

View Item View Item