PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA MENGENAI TAYANGAN INFOTAINMENT INSERT TRANS TV DILIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus di desa Candi Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali)

WIDIYANTI, TRI (2019) PERSEPSI IBU RUMAH TANGGA MENGENAI TAYANGAN INFOTAINMENT INSERT TRANS TV DILIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM (Studi Kasus di desa Candi Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
upload.pdf

Download (693kB)

Abstract

ABSTRAK Widiyanti, Tri (2019). Persepsi Ibu Rumah Tangga Mengenai Tayangan Infotainment Insert Di TransTV Dilihat Dari Sudut Pandang Islam. Skripsi Fakultas Dakwah, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukti Ali, M.Hum. Kata Kunci: Persepsi, Ibu Rumah Tangga, Infotainment, Pandangan Islam Semua media komunikasi yang ada, televisilah yang dianggap paling berpengaruh pada kehidupan manusia. Banyak tayangan televisi yang ditawarkan atau disuguhkan, sehingga terdapat pengaruh besar terhadap penonton dan pengaruh ini bisa berupa positif dan negatif, Salah satu contoh dari tayangan hiburan yang ditayangkan di televisi adalah Infotainment. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi ibu rumah tangga Desa Candi Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali mengenai tayangan infotainment insert TransTV?, 2) Bagaimana pandangan Islam tentang persepsi ibu rumah tangga Desa Candi Kec.Ampel Kab.Boyolali?. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan model komparatif konstan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persepsi Ibu rumah tangga desa Candi ditunjukkan dalam dua jenis persepsi, yaitu persepsi positif dan negatif. Persepsi positif yang ada dipengaruhi oleh beberapa pemikiran mereka, yaitu bahwa program tayangan tersebut: menarik, karena acara ini mencoba menyajikan tayangan gosip yang dikemas dengan gaya yang berbeda dari acara-acara yang lain. Kategori persepsi negative, persepsi negatif yang muncul cenderung lebih banyak disebabkan karena acara Insert terlalu berlebihan dan terlalu menambah-nambahi dalam pemberitaannya. 2) Walaupun sudah jelas dalam islam melarang perbuatan mengumbar aib orang lain namun tetapi masih banyak yang menikmati program tersebut. Dengan alasan berawal dari perasaan haus akan informasi dan hiburan, membuat kaum ibu-ibu menonton tayangan Insert. Padahal, mereka sadar kalau acara Insert banyak mengandung gosip (ghibah).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 13:20
Last Modified: 26 Sep 2019 13:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item