NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH SANG PENAKLUK KARYA DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALABI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN PEMUDA ISLAM

SETYAWAN, MUHAMMAD SHOLEH (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH SANG PENAKLUK KARYA DR. ALI MUHAMMAD ASH-SHALABI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN PEMUDA ISLAM. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI 2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setyawan, Muhammad Sholeh. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dan Relevansinya terhadap Pendidikan Kepemimpinan Pemuda Islam. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Sultoni, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk, Pendidikan Kepemimpinan Pemuda Islam. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dan (2) Untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi terhadap pendidikan kepemimpinan pemuda Islam. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi dan sumber data sekunder berupa data dari berbagai literatur yang berhubungan dan relevan dengan objek penelitian, baik berupa transkip, buku, artikel, website, dan blog di internet berupa jurnal. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dan analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan Akhlak yang terkandung dalam buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk karya Dr. Ali Muhammad Ash-Shalabi di antaranya: takwa, i’tisham, ikhlas, syukur, berilmu, shidiq, amanah, istiqamah, futuwwah, mujahadah, syaja’ah, tawadhu’, adil, peduli sosial, cinta damai, toleransi, dan peduli lingkungan. (2) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku Muhammad Al-Fatih Sang Penakluk ini sangat relevan jika diterapkan dalam pendidikan kepemimpinan pemuda Islam di Indonesia saat ini.Komunikasi yang baik antara guru di sekolah dan orang tua di rumah akan sangat menunjang keberhasilan pendidikan kepemimpinan yang berdasarkan nilai-nilai akhlak ini. Tugas guru di sekolah adalah memberikan teladan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media-media yang relevan, sedangkan tugas orang tua di rumah adalah mengawasi mereka dalam membiasakan akhlak yang telah mereka dapatkan dari sekolah melalui jurnal harian yang harus mereka isi seteiap melaksanakan pembiasaan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 14:41
Last Modified: 26 Sep 2019 14:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6318

Actions (login required)

View Item View Item