Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Materi Jenis Pekerjaan Menggunakan Metode Concept Mapping Pada Siswa Kelas III Semester 2 SD Negeri Ledok 06 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Wibowo, Fery Solech (2018) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Materi Jenis Pekerjaan Menggunakan Metode Concept Mapping Pada Siswa Kelas III Semester 2 SD Negeri Ledok 06 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Fery Solech Wibowo.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Ledok 06 Kota Salatiga yang terdiri dari 25 siswa yaitu 15 laki-laki dan 10 perempuan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, refleksi. Analisis data dilakukan denganmembandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 75 (sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh SD Negeri Ledok 06 Salatiga) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal Berdasarkan hasil penelitian maka metode Concept Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar IPS bagi siswa kelas tiga SD Negeri Ledok 06 tahun pelajaran 2018/2019. Tercapainya target pencapaian KKM (kelas) pada pra siklus KKM individu sebanyak 13 siswa (36%). terjadi peningkatan pada siklus I KKM individu sebanyak 17 siswa (68%). Peningkatan terjadi pada siklus II KKM individu sebanyak 22 siswa (88%) dan Penelitian Tindakan Kelas ini dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 08:40
Last Modified: 26 Sep 2019 08:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6331

Actions (login required)

View Item View Item