UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII-A MTS PANCASILA SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020

Daahiljabir, Muhammad Ainuddin (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII-A MTS PANCASILA SALATIGA TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI M.AINUDDIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Daahiljabir, Muhammad Ainuddin. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VII-A MTs Pancasila Salatiga Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata kunci: hasil belajar matematika, materi himpunan, Teams Games Tournament (TGT) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi himpunan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII-A MTs Pancasila Salatiga tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-A MTs Pancasila Salatiga yang berjumlah 28 siswa laki-laki. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi untuk mengetahui kegiatan pembelajaran, dan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi himpunan pada siswa kelas VII-A MTs Pancasila Salatiga. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat terlihat dari setiap siklus. Pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari 28 siswa yaitu 72,1, untuk persentase siswa yang tuntas yaitu 20 (71,4%) dan persentase siswa yang belum tuntas yaitu 10 (35,7%). Pada siklus II, menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari 28 siswa yaitu 77,5, untuk persentase siswa yang tuntas yaitu 25 (89,3%) dan persentase siswa yang belum tuntas yaitu 3 (1,8%). Karena indikator keberhasilan sudah tercapai, maka penelitian dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2019 19:52
Last Modified: 26 Sep 2019 19:52
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item