PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA Al-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN AJARAN 2019/2020

Rahayu, Dwi Puji (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INTEGRASI MATEMATIKA Al-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dwi Puji Rahayu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahayu, Dwi Puji. 2019. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Integrasi Matematika Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Ulum Suruh Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Integrasi Matematika Al-Quran, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Suruhn tahun ajaran 2019/2020 yang belum seimbang antara mata pelajaran matematika dengan mata pelajaran keagamaan. Hal ini disebabkan karena siswa lebih tertarik untuk memperdalam mata pelajaran yang bersifat keagamaan dibanding mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an dengan pendekatan konvensional, dan (3) bagaimana pengaruh pembelajaran dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Ulum Suruh tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental semu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling yaitu kelas VII B (kelas eksperimen) dan kelas VII A (kelas kontrol)MTs Darul Ulum Suruh, masing-masing berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, dan lembar observasi. Pengujian hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an mampu meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang telah diberikan pada kedua sampel. Sebanyak 49,41% siswa pada kelas eksperimen dengan jawaban sangat setuju dan 42,15% dengan jawaban setuju dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an. Hasil observasi sikap siswa pada kelas eksperimen sebesar 77,757% dan pada kelas kontrol sebesar 74,816%, terdapat selisih sebesar 2,94% lebih tinggi kelas eksperimen. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an dengan pendekatan konvensional dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh positif sebesar 27,6% antara dua variabel pada hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pembelajaran dengan pendekatan integrasi matematika Al-Qur’an terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Ulum Suruh tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 10:18
Last Modified: 27 Sep 2019 10:18
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item