PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MI MA’ARIF NU GLOBAL BLOTONGAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN 2018/2019

S.Pd.I, Samsul Huda, (2019) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI MI MA’ARIF NU GLOBAL BLOTONGAN SIDOREJO SALATIGA TAHUN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS SAMSUL HUDA1 PDF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena semakin memudarnya pemahaman masyarakat Salatiga atas kearifan lokal yang menjadi karakter dan degradasi moral yang semakin menurun. Sehingga perlu adanya sebuah media yang bisa menjadi solusi untuk menguatkan kembali pemahaman nilai tersebut pada diri masyarakat Salatiga. Bagi penulis, agenda penguatan nilai kearifan lokal akan menjadi lebih efektif ketika dilaksanakan melalui pendidikan dan pembelajaran, karena dengan media tersebut akan memudahkan terciptanya pemahaman atas kearifan lokal melalui materi dan interaksi yang terjadi antar individu dalam pembelajaran. Agar agenda tersebut menghasilkan dampak yang lebih kuat, maka kiranya harus dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar, sebagaimana yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU Global Blotongan Sidorejo Salatiga, tentang pengembangan karakter anak usia dini melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal di MI Ma’arif NU Global Blotongan Sidorejo Salatiga, mulai dari desain pembelajarannyasampai pada implikasi yang didapatkan dari pembelajaran tersebut khususnya pada ranah pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Penelitian lapangan ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dialog, cerita dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa Desain pembelajaran berbasis kearifan lokal di MI Ma’arif NU Global Blotongan Sidorejo Salatiga diorientasikan pada pengembangan aspek-aspek dasar perkembangan siswa sekolah dasar yang dengan nilai kearifan lokal yang ada di masyarakat, basis pengembangannya diarahkan pada: Pertama, pengembangan aspek Akhlak Terpuji anak didik. Kedua, pengembangan aspek Intelektual dan Agama pada anak didik, dan Ketiga, pengembangan aspek Sosialisasi dan Interaksi bagi anak didik di MI Ma’arif NU Global Blotongan Sidorejo Salatiga. Implikasi aspek Akhlak Terpuji, anak didik menjadi lebih disiplin, sopan santun dalam bertindak dan berucap. Kedua, dalam konteks pengembangan karakter aspek Intelektual dan Agama, anak terbiasa melaksanakan sholat, mengawali kegiatan dengan doa dan mulai hafal surat-surat pendek dan bisa menulis huruf arab pegon. Ketiga, dalam konteks pengembangan karakter aspek Sosialisasi dan Interaksi, anak sudah mulai berlatih untuk bersosialisasi dan berinteraksi secara baik dengan teman-temannya, sehingga ketika hidup dimasyarakat anak didik dapat menghormati dan bersosial dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 10:24
Last Modified: 27 Sep 2019 10:24
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item