PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Indyani, Septyana (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENYAJIAN DATA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
septyana indyani(23070150083).pdf

Download (5MB)

Abstract

Indyani, Septyana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) ; Hasil belajar Matematika, Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi penyajian data pada kelas VII SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang. Pertanyaan utama yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Getasan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2008/2019?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Penelitian tindakan kelas dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi penyajian data pada siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) hanya 6 siswa (26,08%) yang memenuhi KBM, sedangkan masih ada 17 siswa (73,92%) yang belum memenuhi KBM. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus I ada 16 orang siswa (69,56%) memenuhi KBM dan ada 7 siswa (30,44%) belum memenuhi KBM. Kemudian, pada siklus II ada 21 siswa (91,31%) memenuhi KBM dan 2 siswa (8,69%) yang belum tuntas dari KBM karena pada siklus II sudah 21 siswa (91,31%) memenuhi ketuntasan KBM maka, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 12:26
Last Modified: 27 Sep 2019 12:26
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6376

Actions (login required)

View Item View Item