KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA DI MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019

Utami, Titik (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA DI MTs NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Titik Utami Fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Utami, Titik. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Segitiga di MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Wulan Izzatul Himmah, M. Pd. Kata Kunci: Kooperatif; Think Pair and Share (TPS); Pemecahan Masalah Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai KKM, 2) rata-rata Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata Gain kelas kontrol, dan 3) rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata posttest kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakanadalah eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah VII di MTs Negeri Salatiga dengan sampel kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Tehnik mengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPSdan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen pengumpulan data meliputi hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen serta kontrol, lembar observasi guru, dan dokumen nilai UTS kelas eksperimen dan kontrol, serta foto-foto kegiatan pembelajaran. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) rata-rata hasil posttest kelas eksperimen 73, 2) rata-rata Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata Gain kelas kontrol, dan 3) rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata posttest kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 12:41
Last Modified: 27 Sep 2019 12:41
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6377

Actions (login required)

View Item View Item