PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI DARUSSALAM BANTAL KEC. BANCAK KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nurrahmawati, Dwi Ana (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI DARUSSALAM BANTAL KEC. BANCAK KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi komplit. edit kembar pdfffffffffff.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rachmawati, Dwi Ana Nur 2018. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Sifat-sifat Cahaya Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V MI Darussalam Bantal Kec. Bancak Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Budiyono Saputro, S.Pd, M.Pd Kata kunci: hasil belajar, metode demonstrasi, sifat-sifat cahaya Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Darussalam Bantal, memiliki hasil belajar yang rendah. Hal ini tidak lepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V MI Darussalam Bantal Kec. Bancak Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas V di MI Darussalam Bantal Kec. Bancak Kab. Semarang yang terdiri dari 14 siswa, 11 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MI Darussalam Bantal Kec. Bancak Kab. Semarang Tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pada siklus I siswa tuntas sebanyak 8 siswa atau 57,1% dengan nilai rata-rata 69,2. Pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa atau 85,7% dengan nilai rata-rata 85. Nilai akhir hasil belajar siswa siklus I dan II membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi Sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V MI Darussalam Bantal Kec. Bancak Kab. Semarang Tahun pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:07
Last Modified: 27 Sep 2019 13:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6378

Actions (login required)

View Item View Item