PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQH MATERI JINAYAH DAN HIKMAHNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA KELAS XI IPA 2 MAN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

DWITA, INDIANA (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQH MATERI JINAYAH DAN HIKMAHNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA KELAS XI IPA 2 MAN BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi indiana .pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indiana Dwita.2019. Peningkatan Hasil Belajar Fiqh Materi Jinayah dan hikmahnya dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas XI IPA 2 MAN Batang tahun pelajaran 2019/2020. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M. Ag. Kata Kunci: Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar Fiqh Materi Jinayah dan hikmahnya. Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan Hasil belajar fiqh siswa kelas XI IPA 2 MAN Batang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih dalam Materi Jinayah dan hikmahnya pada siswa kelas XI IPA 2 MAN Batang tahun pelajaran 2019/2020? Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fiqh melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas XI IPA 2 MAN Batang tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument tes digunakan untuk mengetahui perkembangan siswa setelah mendapatkan pembelajaran. Observasi, digunakan untuk mendapatkan data mengenai keadaan kelas, suasana pembelajaran, keaktifitas guru dan keaktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar fiqh pada siswa kelas XI IPA 2 MAN Batang tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini terbukti dengan meningkatnya presentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu: Prasiklus sebesar 12%; siklus 1 sebesar 34%; dan siklus II sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:12
Last Modified: 27 Sep 2019 13:12
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6380

Actions (login required)

View Item View Item