PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI SISWA MI ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019.

Al-Aufa, Ahmad Jaza (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI SISWA MI ASAS ISLAM KALIBENING SALATIGA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AHMAD JAZA AL AUFA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan berbahasa sejak dini mampu membiasakan peserta didik untuk berekspresi sesuai kemampuannya. Ketika seseorang memiliki kemampuan berbahasa yakni kemampuan membaca, maka bisa dikatakan ia memiliki kemampuan literasi. Model pembelajaran literasi berkonsentrasi pada kemampuan untuk mampu menerima berbagai bahasa yang terdapat dalam setiap buku dan hal ini diharapkan dapat meningkatkan minat membaca peserta didik. Adanya rasa senang, rasa puas dalam diri, partisipasi aktif tanpa dipaksa, dan lebih menyukai kegiatan tersebut tanpa membandingkan dengan model lain merupakan tanda adanya kemunculan minat dalam diri seseorang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasil data dianalisis menggunakan model analisis menurut Miles dan Huberman, dari reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Literasi untuk peserta didik MI asas Islam Kalibening sudah menjalankan gerakan literasi sekolah dengan membiasakan membaca sebelum pembelajaran di mulai dan sesudah pembelajaran selesai. 2) Problematika penerapan model pembelajaran literasi yakni sarana prasarana, pembiasaan peserta didik, dan cara yang diterapkan oleh pendidik dan kebijakan sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:27
Last Modified: 27 Sep 2019 13:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item