INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN DALANG WAYANG KULIT (Studi Kasus di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga)

Purwanto, Sigit (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN DALANG WAYANG KULIT (Studi Kasus di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis sigit purwanto pai.pdf

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Dalang Wayang Kulit (Studi Kasus di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga). Tesis. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. 2017. Pembimbing: Dr. Ruwandi, S. Pd. M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses internalisasi nilai-nilai religius dalam pendidikan dalang di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga, 2) respon dan persepsi siswa dalam proses internalisasi nilai-nilai religius pendidikan dalang di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga, 3) capaian internalisasi nilai-nilai religius dalam pendidikan dalang di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pengajar, siswa, serta orang tua wali siswa di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Teknik untuk menguji keabsahan temuan yaitu teknik triangulasi.Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik yaitu analisis terhadap proses, respon dan persepsi serta capaian siswa terhadap internalisasi nilai-nilai religius dalam pendidikan dalang wayang wayang kulit di Sanggar Seni Wayang Kulit Padharasa Salatiga. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sanggar Padharasa membagi 2 jenjang pendidikan, yakni tingkat dasar dan tingkat madya. Pada tingkat dasar materi yang diajarkan adalah materi-materi yang tingkatannya lebih mudah dipahami, seperti dodogan, keprakan, sabetan wayang dan lain-lain. Namun ketika masuk ditingkat madya selain mematangkan materi yang telah diajarkan dalam tingkat dasar, tingkat madya termuat materi-materi kawruh, yang didalamya banyak terkandung nilai-nilai religius. 2) Siswa di Sanggar Seni Padharasa mempunyai respon dan persepsi yang baik terhadap kesenian wayang kulit. Nilai-nilai religius dapat tersampaikan dengan baik. Kondisi tersebut tidak terlepas dari berbagai faktor dan latar belakang, antara lain: faktor bakat, faktor lingkungan keluarga, serta faktor pengetahuan tentang agama Islam dan filosofi jawa. 3) Pendidikan nilai religius melalui pendidikan dalang di Sanggar Seni wayang kulit Padharasa Salatiga mengajarkan para siswa beberapa nilai-nilai keagamaan, diantaranya: tauhid, ibadah serta akhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 06:48
Last Modified: 27 Sep 2019 06:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item