“Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIIG Semester I SMPN 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”

Kalpikarini, Mutiara Destya (2019) “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Materi Objek IPA Dan Pengamatannya Dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIIG Semester I SMPN 10 Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
mutiara destya kalpikarini.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi Objek IPA dan Pengamatannya pada siswa kelas VII G semester I SMPN 10 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah kelas VII G yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII G SMPN 10 Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Keaktifan Siswa pada siklus I persentasenya hanya mencapai 46% dengan kategori “Sangat Kurang”, pada siklus ke II persentase Keaktifan Siswa mencapai 75% dan itu sudah tergolong dalam kategori “Baik” dan mengalami peningkatan sekitar 29%. Dan pada Hasil Belajar Siswa Siklus I dengan Post Test terdapat 11 (38%) siswa tuntas dan 18 (62%) siswa tidak tuntas belajar dengan rata-rata 57,58. Siklus ke II dengan Post Test jumlah siswa yang tuntas 26 (90%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas 3 (10%) dengan rata-rata 71,89 dan mengaami peningkatan sebesar 52%. Pada siklus II keaktifan belajar sebanyak 75% berdasarkan indikator keberhasilan klasikal sebanyak 70% dan pada hasil belajar siswa siklus II sudah mencapai 90%, berdasarkan indikator keberhasilan klasikal sebanyak 85% maka pada siklus II penelitian ini dapat diberhentikan karena telah mencapai kriteria indikator keberhasilan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Discovery Learning pada materi Objek IPA dan Pengamatannya dapat meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII G SMPN 10 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 13:56
Last Modified: 05 Dec 2019 08:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item