Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Tata Surya Di Smp N 2 Tuntang Kabupaten Semarang

Amalia, Fauzul Muna (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Tata Surya Di Smp N 2 Tuntang Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSIKU CD-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muna Amalia, Fauzul. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing berbantuan Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Tata Surya di SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, bamboo dancing, video animasi, hasil belajar, sistem tata surya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berbantuan Media Video Animasi terhadap hasil belajar IPA. (2) Hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berbantuan Media Video Animasi terhadap hasil belajar IPA. (3) Hubungan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berbantuan Media Video Animasi terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang sejumlah 62 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan Teknik Purposive Sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan soal, angket, lembar observasi. Pengujian hipotesis di lakukan dengan koefisien korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing sangat membantu proses pembelajaran siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil angket yang menunjukkan bahwa sebanyak 55% dan 31,2% siswa dengan jawaban sangat setuju dan setuju dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam proses pembelajaran. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,737 antar variabel yang dihubungkan dan hasil uji regresi menghasilkan nilai sebesar 0,00 (< 0,05), dengan persamaan Y= 16,790 + 0,544 X serta terdapat pengaruh sebesar 61,5% antara dua variabel sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dengan media video animasi terhadap hasil belajar IPA materi sistem tata surya kelas VII SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 14:03
Last Modified: 27 Sep 2019 14:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6401

Actions (login required)

View Item View Item