IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA DI SMPLB WANTUWIRAWAN KOTA SALATIGA TAHUN 2019

Sulistiyawati, Amalia (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA DI SMPLB WANTUWIRAWAN KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi.yess-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak : Sulistiyawati, Amalia. 2019. “Implementasi Pendidikan Islam dalam keluagai anak berkebutuhan khusus (Studi Kasus Siswa tunanetra SMPLB Wantu Wirawan Kota Salatiga)”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Keluarga, Anak Berkebutuhan Khusus Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua buah yaitu: 1) Mengetahui implentasi pendidikan Islam dalam keluarga anak berkebutuhan khusus siswa tunanetra SMPLB Wantu Wirawan Kota Salatiga. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implentasi pendidikan Islam dalam keluarga anak berkebutuhan khusus siswa tunanetra SMPLB Wantu Wirawan Kota Salatiga. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field reseacrh) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu dengan mencari informasi yang ada di lapangan dan sekunder yaitu untuk melengkapi penemuan. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui penggabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisisi dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implentasi pendidikan Islam dalam keluarga anak berkebutuhan khusus siswa tunanetra SMPLB Wantu Wirawan Kota Salatiga dilakukan dengan berbagai macam upaya yaitu a) Memberikan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak tunanetra. b) Mengajarkan anak untuk selalu bersosialisasi dengan baik di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. c) Mengajarkan pendidikan Islam melalui pembiasaan kegiatan keagamaan baik di dalam keluarga maupun di luar keluarga. d) Mendukung kemampuan atau keterampilan anak serta selalu mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar untuk senantiasa aktif dalam berbagai kegiatan. 2) Faktor pendukung dan penghambat pendidikan Islam dalam keluarga anak berkebutuhan khusus siswa tunanetra SMPLB Wantu Wirawan Kota Salatiga adalah a) Faktor pendukung, rasa penerimaaan dari kedua orangtua akan keadaan anak yang memiliki kebutuhan khusus, lingkungan sekitar rumah yang mengikutsertakan anak berkebutuhan khusus dalam kegiatan keagamaan, keadaan kedua orangtua yang sama-sama memiliki gangguan indera penglihatan, dan lingkungan sekolah yang mengdadakan pembiasaan keagamaan. b) Faktor penghambat, sifat pembawaan dari dalam diri anak yang pendiam dan faktor emosi anak yang masih belum stabil diusia anak yang masih remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 14:07
Last Modified: 27 Sep 2019 14:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item