Pengembangan kemampuan motorik halus melalui media meronce berpola dan metode bermain pada anak kelompok BI di RA Perwanida II tegalrejo salatiga tahun pelajaran 2019/2020

Fadhilah, Putri Nur''aini (2019) Pengembangan kemampuan motorik halus melalui media meronce berpola dan metode bermain pada anak kelompok BI di RA Perwanida II tegalrejo salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_REVISI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fadhilah, Putri Nur’aini. 2019. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Meronce Berpola dan Metode Bermain pada Anak Kelompok B1 di RA Perwanida II Tegalrejo Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Urifatun Anis, M.Pd.I. Kata Kunci : Motorik Halus, Meronce Berpola Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak melalui media meronce berpola dan metode bermain pada anak Kelompok B1 di RA Perwanida II Tegalrejo Salatiga. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas kolaboratif. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah anak dengan usia 5-6 tahun yang tergabung dalam kelompok B1 dengan jumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan lembar kerja anak. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan fisik motorik halus anak dalam bermain meronce berpola di RA Perwanida II sebelum dilaksanakan penelitian tindak kelas sebesar 49,41%. Setelah melaksanakan tindakan siklus I seperti yang telah disepakati peneliti dan guru kelas melalui kegiatan meronce berpola diperoleh hasil 69,05% dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 85,12%. Selisih peningkatan nilai pada pra siklus ke siklus 1 adalah 19,64% dan selisih dari siklus I ke siklus II adalah 16,07%. Dikarenakan hasil penelitian ini telah memenuhi indikator keberhasilan sebesar 85% yang telah ditetapkan peneliti dengan guru kelas maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan meronce berpola dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Berdasarkan dari hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa melalui media meronce berpola dan metode bermain pada kelompok B1 di RA Perwanida II Tegalrejo, Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020 telah terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 14:25
Last Modified: 27 Sep 2019 14:25
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item