UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMK PGRI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HAQIQI, MA'RUFAN (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMK PGRI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Ma'rufan Haqiqi.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Haqiqi, Ma’rufan. 2019. Upaya Guru PAI Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMK PGRI 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Guru PAI, Pembinaan, dan Akhlakul Karimah Masalah akhlak merupakan masalah yang menjadi perhatian banyak orang terutama orang tua, masyarakat, para pendidik atau guru. Tidak sedikit para orang tua dan guru merasa kebingungan dalam membina anak didiknya yang mulai kehilangan moral. Sehingga lembaga pendidikan formal sangatlah penting untuk membangun dan membina akhlak para peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus masalah yang akan dikaji adalah : Bagaimana Upaya Guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK PGRI 3 Salatiga dan apa saja problematika dan solusi dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK PGRI 3 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dengan tahap persiapan, pelaksanaan, penyelesaian. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunaka metode participant observation dimana penulis terjun langsung dalam kegiatan yang ada di SMK PGRI 3 Salatiga, wawancara terbuka dimana participant secara sadar dan mengerti dan dokumentasi berupa arsip dan foto. Analisis data menggunakan tiga komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlakul karimah siswa meliputi : 1) memberikan arahan/ceramah pada siswa, 2) pembiasaan budaya Islami, 3) memberikan suri tauladan. Adapun problematika dan solusi dalam pembinaan akhluk karimah siswa meliputi : 1) sarana dan prasaran yang kurang memadai seperti toa mushola, terkait hal ini pihak sekolah mengambil tindakan dengan menggunakan bel sekolah sebagai tanda masuk sholat. 2) Koordinasi guru yang kurang kompak, hal ini diselesaikan dengan cara mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi setiap satu bulan sekali. 3) Latar belakang pendidikan siswa yang berbeda, maka pihak sekolah berupaya berbenah dan memperbaiki diri untuk meningkatkan kualitas sekolah. 4) Latar belakang keluarga siswa yang kurang mendukung, maka para guru mengambil langkah denan cara home visit, koordinasi dengan orang tua dan melakukan pembinaan terhadap siswa tersebut. 5) Faktor lingkungan sosial di lingkungan sekolah yang kurang baik, maka para guru membuat penyelesaian dengan cara melakukan pembiasaanpembiasaan yang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 14:31
Last Modified: 27 Sep 2019 14:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item