UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TARIKH MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPS PADA SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

Suryaningtyas, Ardhi (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TARIKH MATERI SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPS PADA SISWA KELAS IX DI SMP MUHAMAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsiku.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suryaningtyas, Ardhi. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Tarikh dengan Menggunakan Metode Mind Maps pada siswa Kelas IX Di SMP Muhamammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr.Winarno, S, Si., M. Pd Kata kunci: Hasil belajar, PAI, Metode Mind Maps Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar PAI materi Tarikh melalui metode mind maps pada siswa Kelas IX SMP Muhamammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik SMP Muhamammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Maps pada pembelajaran PAI mempermudah bagi guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan / menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind Maps dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Tarikh Dengan Menggunakan Metode Mind Maps Di Kelas IX Di SMP Muhamammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.dan mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan. Hal ini terlihat dari dari peningkatan hasil rata-rata setiap siklusnya. Dengan jumlah siswa 28 orang, sedangkan KKM yang di tetapkan 75. Pada prasiklus nilai rata-rata yaitu 51,4. Nilai rata-rata tersebut meningkat pada siklus I yaitu 75,28 dan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 85,53. Apabila dilihat dari perolehan nilai tertinggi pada setiap siklusnya juga mengalami peningkatan. Pada prasiklus nilai tertinggi yaitu 90, padan siklus I nilai tertinggi meningkat menjadi 90 dan pada siklus II nilai tertinggi yaitu meningkat menjadi 100. Persentase ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus yang tuntas hanya 21.42% (6 siswa yang mencapai nilai tuntas), pada siklus I meningkat menjadi 57,14% (16 siswa yang mencapai nilai tuntas ) dan pada siklus II meningkat menjadi 92.85% (26 siswa yang mencapai nilai tuntas). Hanya ada 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan minimal dikarenakan pengaruh intelegensinya yang kurang, padahal minat dan semangatnya cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 15:09
Last Modified: 27 Sep 2019 15:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item