Peningkatan Hasil Belajar Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Strategi Contextual Teaching Learning dengan Metode Permainan Tebak Kata Pada Siswa Kelas VB Semester II MI Ma’arif Gedangan kec. Tuntang kab. Semarang tahun ajaran 2018/2019.

Rahman, Muhamad Adi Kurnia (2019) Peningkatan Hasil Belajar Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Strategi Contextual Teaching Learning dengan Metode Permainan Tebak Kata Pada Siswa Kelas VB Semester II MI Ma’arif Gedangan kec. Tuntang kab. Semarang tahun ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
M ADI KURNIA RAHMAN 23040150053.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar materi panas dan perpindahannya dapat ditingkatkan dengan Strategi Contextual Teaching Learning dengan Metode Permainan Tebak Kata pada siswa kelas VB semester II MI Ma’arif Gedangan Tahun Ajaran 2018/2019. Alasan peneliti memilih objek ini untuk diteliti adalah karena masih rendahnya Hasil Belajar Materi Panas dan Perpindahannya pada kelas VB MI Ma’arif Gedangan Tahun Ajaran 2018/2019 serta belum memenuhi target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas yaitu 45,55. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM sebesar 85% dibuktikan dari hasil Pra Pelaksanaan Siklus dengan presentase 22,22% dan dinyatakan tuntas hanya 4 dari 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2019, dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2019. Sumber-sumber penunjang penelitian ini didapat dari sekolah MI Ma’arif Gedangan secara langsung yang meliputi wawancara kepada guru kelas, kepala sekolah dan pihak yang dapat membantu dalam penelitian seta data-data berupa dokumen yang dibutuhkan, misalnya RPP, matei pelajaran dan silabus. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa dengan Strategi Contextual Teaching Learning (CTL) dengan Metode Permainan Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 70 pada Materi Panas dan Pepindahannya di kelas VB MI Ma’arif Gedangan Kec. Tuntang Kab. Semarang. Hal ini dibuktikan dari peningkatan rata-rata kelas dari Pra Pelaksanaan Siklus ke Siklus I yaitu dari 45,55 menjadi 83,33 dengan peningkatan 37,78. Dan dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 10,55 dengan rata-rata dari 83,33 menjadi 93,88. Terpenuhinya target pencapaian KKM lebih dari 85% juga terbukti dari kenaikan presentase tiap siklus yaitu pada Siklus I dinyatakan tuntas 15 siswa dengan presentase 83,33%, kemudian Siklus II dinyatakan tuntas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2019 15:13
Last Modified: 27 Sep 2019 15:13
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/6421

Actions (login required)

View Item View Item