STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU SMPLB WAHID HASYIM KEC.BRINGIN KAB.SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Lestari, Putri (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNARUNGU SMPLB WAHID HASYIM KEC.BRINGIN KAB.SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_PDF[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Lestari, Putri. 2019. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Tunarungudi SMPLB Wahid Hasyim Kec.Bringin Kab.Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada anak berkebutuhan khusus tunarungu, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dari proses pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu agar dapat dipecahkan bersama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI di SLB Wahid Hasyim Bringin, pengumpulan data dilakukan dengan tahapan wawancara, observasi serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Bapak Kepala SMPLB Wahid Hasyim, guru PAI serta wali kelas. Hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) strategi pembelajaran PAI siswa tunarungu yang digunakan guru menggunakan strategi pembiasaan, memeriksa kerapian, penggunaan bahasa isyarat, menggunakan bahasa yang jelas dan keras,menggunaan bahasa yang pendek dan singkat, menggunakan video, serta menggunakan alat peraga,(2) Faktor penghambat pembelajaran PAI di SMPLB Wahid Hasyim adalah (a) kurangnya kosakata pada siswa dan kurangnya kedisiplinan, kurangnya jumlah guru dan kesiapan guru dalam mengajar, (b) ruang kelas yang kurang luas dan bersekat, (c) fasilitas dan media, seperti terbatasnya LCD, VCD dan buku-buku yang berkaitan dengan kebutuhan anak tunarungu(d) jadwal belajar yang terlalu lama. Faktor pendukung pembelajaran PAI di SMPLB Wahid Hasyim Bringin yaitu (a) minat dan motivasi siswa, (b) kepala sekolah yang adil dan bijak, (c) guru yang selalu sabar dan menjunjung tinggi etos kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2019 11:12
Last Modified: 28 Sep 2019 11:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6429

Actions (login required)

View Item View Item