STUDI KOMPARASI GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH (KKMI) KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019

MURTADLO, ALI (2019) STUDI KOMPARASI GURU SERTIFIKASI DAN NON SERTIFIKASI DALAM KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL PADA KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH (KKMI) KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ALI MURTADLO - 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mencari perbedaan profesionalisme guru terkait keterampilan dan pengelolaan pembelajaran, penguasaan materi, serta mengidentifikasi problematika pembelajaran. Subyek penelitian adalah guru bersertifikasi dan non sertifikasi KKMI Gebog sebanyak 305 dengan metode Purposive Sampling yang didasarkan pada wilayah, usia, dan gender. Jenis penelitian bersifat descriptive research dengan metode kualitatif dan digolongkan penelitian pembanding (komparatif). Metode dan langkah pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan pendekatan triagulasi, serta analisis data bersifat induktif. Hasil penilaian kompetensi paedagogik guru bersertifikasi sebesar 88,47% memiliki kemampuan mengelola pembelajaran, dan 95,88% perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi sesuai tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa, serta 87,33% penguasaan materi pelajaran cukup baik, guru dapat menyelesaikan soal dan memenuhi standar kompetensi pencapaian dengan batas nilai KKM 70. Sedangkan guru non sertifikasi 66,53% baru mampu mengelola pembelajaran dikarenakan faktor usia tidak menunjang, 88,47% kurang kreatif menggunakan bahan-bahan sekitar serta proses pembelajaran sering tidak didukung instrumen dikarenakan kurangnya pelatihan, dan 76,53% belum menguasi materi pembelajaran dikarenakan soal yang diberikan tidak sesuai kelas dan mapel yang diampu. Beberapa masalah yang dihadapi guru yaitu: Sebagian guru belum menyiapkan perangkat pembelajaran dan laporan perkembangan siswa karena faktor usia bagi dan kurangnya pelatihan; Kegiatan pembelajaran belum tepat waktu karena tugas ganda lainnya dari madrasah; Tidak mengikuti kegiatan kesiswaan, pendidikan, pelatihan, seminar, workshop, penataran bagi guru kurang dikarenakan kecilnya alokasi biaya kegiatan. Kata Kunci: Guru Sertifikasi, Guru Non Sertifikasi, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2019 23:19
Last Modified: 28 Sep 2019 23:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6437

Actions (login required)

View Item View Item