Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Keautentikan Al-Qur’an Melalui Metode Al-Bayan Pada Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Klaten.

Putri, Yustita Amalia Echa (2019) Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Keautentikan Al-Qur’an Melalui Metode Al-Bayan Pada Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Klaten. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YUSTTA AMALIA (23010-15-0024).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Materi Keotentikan Al-Qur’an dengan Metode Al-Bayan pada Siswa Kelas X MAN 2 Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah metode al-Bayan dapat meningkatkan kemampuan membaca Al- Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi keotentikan Al-Qur’an pada siswa kelas X IPA 1 MAN 2 Klaten tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas degan melalui dua siklus. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ialah: perencanaan, pelaksanaan, pengamtan/observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Al-Bayan mampu meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada kelas X IPA 1 MAN 2 Klaten hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian yang dilaksanakan dalam 2 tahap siklus I dan siklus II yaitu siklus I yang tidak tuntas 5 siswa (23%) dan yang tuntas 17 siswa atau (77%) dengan nilai rata-rata 81,31. Sedangkan siklus II yang tuntas sebanyak 21 siswa (96%) dan yang tidak tuntas 1 siswa (4%) dengan rata-rata 86,63. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I (77%) dan siklus

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Sep 2019 04:03
Last Modified: 30 Sep 2019 04:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/6452

Actions (login required)

View Item View Item